Strategi Developer Tiktok Dalam Merebut Pasar Streaming Musik Di Indonesia

strategi tiktok rebut pasar streaming musik di Indonesia

Tiktok Rebut Pasar Streaming Musik – Saat ini pengembang tiktok, yaitu ByteDance mulai merambah ranah layanan streaming musik Indonesia lewat Resso. Dimana aplikasi itu juga sudah diluncurkan di India dan Indonesia. Sehingga membuat perusahaan asal tiongkok tersebut menyiapkan strategi khusus untuk bisa bersaing dengan Spotify, Joox hingga Youtube Music.

Setidaknya ada 3 strategi yang antinya akan kami gunakan untuk merebut pasar streaming musik di Indonesia. Pertama berfokus menyasar segmen generasi Z dan milenial karena pasar ini dinilai sangat potensial terutama dengan proses daftar idnplay.

Kedua, berfokus pada pemasaran dan pegenalan layanan selama tahun pertama kehadirannya. “Kami membangun awarness pengguna di Indonesia dengan menunjukkan pengalaman dari produk-produk,” ujar Country Manager Resso South-East Asia Tricia Verceles Dizon saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (11/3).

Strategi Tiktok Rebut Pasar Streaming Musik Indonesia

Baca Juga: Sejumlah Musisi Kampanyekan Social Distancing Lewat Caranya Masing-masing

Terakhir, perusahaan menyediakan berbagai fitur streaming musik yang berbeda dibanding platform lainnya. Setidaknya ada empat fitur utama.

Pertama, Vibes untuk mengganti video, gif, atau foto background pada audio yang sedang mereka dengarkan. Konten yang sudah diubah itu juga bisa diunggah ke media sosial. Fitur kedua, Lyrics Effect atau fitur untuk mengganti efek font atau tampilan pada lirik yang muncul di layar.

Ketiga, Lyric Quotes untuk memilih lirik yang akan dikutip dan dibagikan ke media sosial lain. Terakhir, Comments yakni fitur untuk berinteraksi dengan pengguna Resso lainnya melalui kolom komentar pada konten lagu yang diunggah. “Fitur-fitur ini cocok bagi pengguna untuk mengekspresikan diri melalui lewat musik,” ujar Tricia.

Editor In Chief Billboard Indonesia Adib Hidayat sepakat bahwa potensi bisnis streaming musik di Indonesia masih sangat luas. “Karena anak muda itu cenderung hidupnya di gawai. Nah, dengan adanya platfrom seperti Resso maka mereka bisa berekspresi,” katanya.

Platform streaming musik ini juga dinilai berpeluang memperkenalkan para musisi baru. Mereka bisa muncul disitu, sehingga pengguna juga lebih interaktif membagikan lagu-lagu mereka di Instagram maupun di Twitter.

Sekian artikel kali ini, semoga dengan artikel diatas bisa menambah wawasan dan informasi anda pada kali ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *