Sejumlah Musisi Kampanyekan Social Distancing Lewat Caranya Masing-masing

Sejumlah Musisi Kampanyekan Social Distancing Lewat Caranya Masing-masing

Sejumlah Musisi Kampanyekan Social Distancing Lewat Caranya Masing-masing

Sejumlah Musisi Kampanyekan Social Distancing Lewat Caranya Masing-masing,- Presiden Joko Widodo telah meminta segenap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona dan penyakit Covid-19.

Salah satu caranya, menurut Jokowi, adalah dengan memulai mengurangi aktivitas di luar rumah. Menurut Jokowi, langkah ini perlu dilakukan agar penanganan Covid-19 bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

Apalagi, banyak konser-konser batal atau menunda jadwalnya demi menghambat penyebaran virus corona. Mengingat hal tersebut, beberapa musisi dan penyanyi Tanah Air hingga luar negeri tak kehabisan akal. Mereka melakukan hal tersebut untuk sekedar menghilangkan rasa suntuk di rumah hingga menyapa penggemarnya.

1. Chris Martin

Terkurung di rumah karena virus corona jadi hal membosankan, rasanya itu tidak berlaku untuk Chris Martin. Pentolan grup band Coldplay ini justru melakukan hal bermanfaat dengan membuat siaran live di Instagram untuk menyapa semua pengikutnya dan meminta mereka untuk request lagu.

Chris awalnya terlihat sempat bingung dengan kameranya. Dia bahkan memeriksa apakah kamera sudah menyala. “Saya (menyanyi) solo di rumah saya, biasanya saya dengan band, tapi mereka ada di berbagai negara lainnya,” kata Chris mengawali videonya.

2. Danilla Riyadi

Begitu juga penyanyi Danilla Riyadi. Dia tetap menyajikan pertunjukkan musik, tetapi dengan cara berbeda. Pelantun lagu “Berdistraksi” itu akan menggelar pertunjukan lewat media sosial untuk para penggemarnya. Hal tersebut terlihat dalam unggahan akun Instagram-nya, @danillariyadi.

“Saya dan se-band, se-team akan main musik dengan sistem digital Live Streaming di Youtube saya yang link-nya ada di foto ini,” tulis Danilla. Sedangkan, untuk penampilannya itu, Danilla akan mengumumkannya lebih lanjut.

“Tanggalnya akan diumumkan, yang pasti di bulan ini. Semua panggung Danilla di bulan ini kosong, maka mari kita nyanyi-nyanyi dari rumah,” tulis Danilla.

3. Candra Darusman

Musisi senior Candra Darusman sebagai ketua Federasi Serikat Musisi Indonesia atau FESMI mengajak para musisi untuk tetap produktif di tengah social distancing karena virus corona.

Menurut Candra, social distancing atau pembatasan sosial bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal berguna yang selama ini sulit dilakukan lantaran kesibukan masing-masing. Salah satunya, kata Candra, adalah merapikan arsip-arsip atau katalog lagu atau karya pribadi yang selama ini masih berantakan.

“Kami mengimbau hal-hal praktis untuk meregistrasi hal-hal administrasi, seperti daftar lagu, daftar lagu harus diserahkan pada LMKN (Lembaga Manajemen Kolektif Nasional) agar lengkap,” ucap Candra Darusman.

Candra mengatakan, penyerahan arsip lagu ini berguna agar potensi royalti dan hak cipta bisa diterima oleh musisi dengan maksimal. “Agar distribusi royaltinya lengkap dan adil,” ujar Candra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *