Kumpulan Film Biopic Terbaik Sepanjang Masa

Kumpulan Film Biopic Terbaik Sepanjang Masa

Kumpulan Film Biopic Terbaik Sepanjang Masa

Kumpulan Film Biopic Terbaik Sepanjang Masa,- Film-film biopic sudah menjadi salah satu perihal lazim di ranah Hollywood dan langganan unggulan Oscar. Namun, film biopic apa yang diakui banyak kalangan kritikus film sebagai yang terbaik sepanjang masa hingga saat ini.

Berikut hitungan mundur dan penjabarannya yang diakumulasi dari beragam sumber daftar biopic terbaik.

Aguirre, The Wrath of God (1972)

Film film Biopic Terbaik Sepanjang Masa 11 - Kumpulan Film Biopic Terbaik Sepanjang Masa

Film tentang biografi penjelajah militer Spanyol bernama Lope de Aguirre dalam mencari kota emas legendaris, El Dorado ini adalah hasil kolaborasi perdana sineas Werner Herzog dan Klaus Kinski.

Meski digarap secara minimalis di segi cerita dan dialog, film yang proses pengerjaannya banyak dihantam berbagai kendala ini sukses memaksimalkan ‘kegilaan’ gaya pengeksekusian Herzog, yang dalam perkembangannya mampu menggalang penggemar fanatik film ini dalam jumla besar.

Aspek-aspek yang ada di film ini juga menjadi sumber referensi Apocalypse Now garapan Francis Ford Coppola maupun The New World milik Terrence Malick.

Ed Wood (1994)

Film film Biopic Terbaik Sepanjang Masa 10 - Kumpulan Film Biopic Terbaik Sepanjang Masa

Film besutan Tim Burton ini berhasil dengan sangat baik dalam memaparkan kisah kejayaan seorang insan perfilman Ed Wood, yang diamini di dunia perfilman sebagai sutradara terburuk yang pernah ada.

Dimainkan dengan sangat apik oleh Johnny Depp, Burton diakui berhasil mengangkat sisi simpatik dari sang sineas yang semasa berkarier film-filmnya yang kebanyakan bergenre fiksi ilmiah menjadi sasaran cemoohan. Hasilnya, film ini sukses meraih anugerah dua Oscar, meski sayangnya flop di pasaran.

The Elephant Man (1980)

Film film Biopic Terbaik Sepanjang Masa 9 - Kumpulan Film Biopic Terbaik Sepanjang Masa

David Lynch berhasil menerjemahkan ratusan lembar buku The Elephant Man and Other Reminiscences yang berisi kisah ahli bedah Frederick Trevers dengan seorang pria bernama John Merrick yang menderita cacat bawaan kepalanya yang membuatnya mendapat julukan si manusia gajah.

Mampu menyuguhkan drama yang menyentuh film berformat hitam-putih yang diamini sebagai karya Lynch paling mainstream ini sukses menarik simpati baik di sektor apresiasi maupun dalam hal raihannya, dengan perolehan pundi-pundi lebih dari lima kali lipat bujet produksinya yang hanya sebesar $5 juta . Film ini mendapat delapan nominasi Oscar meski tidak satupun berhasil diraih.

Amadeus (1984)

Film film Biopic Terbaik Sepanjang Masa 8 - Kumpulan Film Biopic Terbaik Sepanjang Masa

Di tangan sineas Miloš Forman, skrip kisah mengenai salah satu babak hidup salah satu komposer dunia paling kondang hasil garapan penulis naskah Peter Schaffer ini berubah menjadi dokumentasi menarik tentang rivalitas antara Mozart dengan Antonio Salieri dalam menjadi yang paling terkemuka di ranah komposisi musik klasik.

Filmnya berhasil meraih delapan anugerah Oscar dari sebelas nominasi yang diberikan padanya.

Goodfellas (1990)

Film film Biopic Terbaik Sepanjang Masa 7 - Kumpulan Film Biopic Terbaik Sepanjang Masa

Thriller kriminal hasil penyutradaraan Martin Scorsese ini mengangkat kisah mafia Italia di New York, Henry Hill.

Berbeda dengan Copolla dalam Godfather yang berfondasikan novel fiksi karya Mario Puzo dan lebih mengambil sisi mitos dan romantisme seorang mafia, Scorsese mengambil pendekatan pragmatis dengan menggunakan kekerasan sebagai elemen yang menyatu dengan film, juga long shot dan tracking shot yang sulit, tapi dilakukan, untuk memberikan kesan dinamis.

Meski gagal mengantarnya ke podium Oscar, kinerja Scorsese di sini baik konten maupun gaya pengeksekusiannya menjadi rujukan banyak film lain maupun serial televisi IDN Poker 99 Online.

Schindler’s List (1993)

Film film Biopic Terbaik Sepanjang Masa 6 - Kumpulan Film Biopic Terbaik Sepanjang Masa

Film persembahan Steven Spielberg berformat monokrom yang mengisahkan perjuangan seorang industrialis Jerman bernama Oskar Schindler menyelamatkan nyawa lebih dari 1200 orang Yahudi dari pembantaian Nazi.

Film ini sukses menampilkan gambaran paralel kisah heroisme di dunia nyata dalam menghadapi situasi yang mendekati mustahil.

Efektif menginspirasi banyak para pemimpin negara, film ini diakui sebagai film drama sejarah terbaik tentang sejarah kelam kemanusiaan, Holocaust.

The Passion of Joan of Arc (1928)

Film film Biopic Terbaik Sepanjang Masa 5 scaled - Kumpulan Film Biopic Terbaik Sepanjang Masa

Film bisu berformat hitam-putih garapan Carl Theodor Dreyer ini menyoroti perihal proses peradilan dan penjatuhan hukuman tokoh revolusioner wanita asal Prancis, Joan of Arc yang mengaku dirinya mengangkat senjata karena “panggilan dari Atas”.

Alih-alih menggarap sesuai pesanan para produser, sang sineas malah memilih mengangkat transkrip asli dari pengadilan Joan, yang menjadikan film ini muatannya kontroversial dan harus disensor langsung oleh Kardinal dan pemerintah Prancis. Film ini kini menjadi acuan penting dunia sinema.

Baca Juga: Reality Series Jay Chou kini dapat ditonton di Netflix

Raging Bull (1980)

Film film Biopic Terbaik Sepanjang Masa 4 - Kumpulan Film Biopic Terbaik Sepanjang Masa

Martin Scorsese dan Robert De Niro memperlihatkan kepada dunia bahwa film biopic tentang insan olahraga bisa menjadi sebuah paket tontonan yang tidak hanya menginspirasi namun juga memikat.

Didukung penampilan prima De Niro yang bak bertransformasi menjadi seorang Jack LaMotta, keberanian, jiwa brutal, dan proses transformasi fisik yang dijalaninya untuk tampil meyakinkan sebagai LaMotta mengubah budaya Hollywood mengenai totalitas akting.

Pada zamannya banyak reaksi akan film hitam putih ini, ada yang memujinya selangit dan ada yang mengkritiknya karena terlalu brutal dan membuat banyak dahi berkerut.

Namun, seiring waktu film ini diakui sebagai film klasik modern terbaik sepanjang zaman yang berhasil mengeksplorasi kedalaman jiwa seorang manusia dengan indah.

Lawrence of Arabia (1962)

Film film Biopic Terbaik Sepanjang Masa 2 - Kumpulan Film Biopic Terbaik Sepanjang Masa

Kisah tentang petualangan dan aksi heroisme pejabat militer Inggris T. E. Lawrence yang menghilang di tengah padang pasir dan kemudian menjelma menjadi seorang pahlawan ini tidak disangsikan lagi didaulat sebagai kisah epik terbaik yang pernah hadir di ranah perfilman.

Lewat kerja kerasnya, David Lean sukses menghimpun semua unsur apa yang diperlukan untuk menghasilkan film terbaik.

Terlihat ambisius di segala aspeknya dan dukungan performa brilian Peter O’Toole (meski ia gagal mendapat Oscar Best Actor), membuat sajian film peraih tujuh Oscar ini begitu megah dan menjadi sumber inspirasi banyak film lainnya.

Citizen Kane (1941)

Film film Biopic Terbaik Sepanjang Masa 1 - Kumpulan Film Biopic Terbaik Sepanjang Masa

Walaupun ini merupakan film layar lebar debut penyutradaraan Orson Welles, sang sineas yang kala itu baru berusia 24 tahun, langsung menorehkan sebuah pencapaian fantastis lewat karya fenomenalnya yang hingga sekarang tidak disangsikan lagi mencapai level “larger than life”.

Menyajikan kisah perjalanan hidup Charles Foster Kane, pebisnis raksasa media yang diinspirasi dari para tokoh terkemuka di bidang media seperti William Randolph Hearsts, Samuel Insull dan Harold McCormick, yang dimainkan sendiri oleh Welles.

Kekuatan utama dari film ini adalah sinematografinya yang sangat sensasional, tata cahayanya, serta struktur penceritaannya yang bergaya flashback, yang kemudian diadopsi banyak film lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *