Berbagai Jenis Teknik Seni Ukir

Berbagai Jenis Teknik Seni Ukir

Berbagai Jenis Teknik Seni Ukir

Berbagai Jenis Teknik Seni Ukir – Karya seni berupa ornamen ukir dikenal sangat rumit proses pembuatannya namun bernilai tinggi. Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Seni Ukir. Dalam pembahasan kali ini menjelaskan Karya seni ukir dan Jenis tekni seni ukir. Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan berikut ini.

Karya Seni Ukir Banyak Dikagumi dan Disukai Orang Ramai

Bagi kamu yang suka dengan dengan karya seni, kamu pasti sering terkagum dengan seni ukir. Berbeda dengan seni yang lain, seni ukir mengolah objek permukaan menjadi berbagai bentuk 3 dimensi yang sangat indah. Tidak semua orang bisa membuat karya ukir lho.

Indonesia termasuk salah satu negara yang terkenal memiliki seniman ukir handal. Bukan tanpa alasan, sejarah seni ukir di negara ini memang sudah ada sejak zaman batu muda saat peradaban belum maju seperti sekarang ini.

Seni ukir juga bisa diaplikasikan ke berbagai macam benda yang digunakan sehari-hari seperti lemari, meja, hingga kursi. Seni ukir ini hingga saat ini masih diminati banyak orang.

Berbagai Jenis Teknik Seni Ukir

Mengerik

Kerik adalah teknik warisan para leluhur yang sudah dipakai sejak masa lampau. Alat yang dibutuhkan juga sederhana, yaitu sepotong kayu dengan pisau ukir saja. Pisau ukir yang digunakan juga berukuran kecil, karena semakin kecil ukuran pisau maka semakin indah ukiran yang dihasilkan.

Cara ini sangat sederhana sehingga bisa dilakukan oleh seniman pemula atau mereka yang baru belajar seni ukir. Sementara bagi seniman yang sudah ahli, teknik kerik digunakan untuk menambahkan detail atau hiasan pada karya yang mereka buat.

Pembakaran Kayu

Pirografi adalah teknik yang berkembah di Eropa dan Amerika Selatan, tepatnya di negara Rumania, Hungaria, dan Argentina. Teknik pembakaran kayu ini lebih sebagai finishing atau cara untuk memperindah hasil ukiran yang sudah dibuat. Istilah pirografi Link Alternatif IDN Poker 99 berasal dari bahasa Yunani yang berarti menulis dengan api. Teknik ini sudah berkembang sejak ada ke-17.

Warna hitam yang dihasilkan dari pembakaran akan semakin memperindah dan mempertegas bentuk ukiran, sehingga akan semakin jelas dan nyata.

Carving

Hampir mirip dengan chip carving, teknik carving juga digunakan untuk permukaan datar hingga membentuk gambar 3 dimensi. Alat yang digunakan antara lain pahat, pisau ukir, dan palu. Sebelum mulai bekerja, pengrajin menggambar pola atau sketsanya terlebih dahulu. Kemudian baru dipahat sampai menghasilkan permukaan seperti relief.

Chip Carving

Teknik chip carving atau yang disebut dengan “kerbschnitt” dalam bahasa Jerman banyak digunakan pada permukaan atau potongan besar seperti kayu besar atau tunggul pohon. Teknik chip carving biasanya digunakan untuk membuat patung yang membutuhkan proses rumit dan panjang.

Gaya ukiran khas dari teknik ini adalah menghilangkan kepingan kecil material dari permukaan datar dalam satu bagian dengan menggunakan pisau kecil khusus.