Gitar ‘MTV Unplugged’ Kurt Cobain Akan Dilelang Sekitar Rp 15 Miliar

Gitar ‘MTV Unplugged’ Kurt Cobain Akan Dilelang Sekitar Rp 15 Miliar

Gitar ‘MTV Unplugged’ Kurt Cobain Akan Dilelang Sekitar Rp 15 Miliar

Gitar ‘MTV Unplugged’ Kurt Cobain Akan Dilelang Sekitar Rp 15 Miliar,- Julien’s Auction, rumah lelang pemecah rekor dunia bagi para superstar global, telah mengumumkan bahwa gitar yang dimainkan oleh Kurt Cobain selama penampilan live akustiknya di MTV Unplugged In New York bersama Nirvana akan dijual selama acara Music Icons garapan rumah lelang tersebut yang berlangsung pada hari Jum’at, Juni 19 dan Sabtu, 20 Juni 2020 live di Beverly Hills, Amerika Serikat (AS) dan secara online di JuliensAuctions.com.

Baca juga:Musisi Kumpulkan Donasi Rp9 Miliar untuk Perangi Corona

Gitar yang akan dilelang adalah merek Martin seri 1959 Martin D-18E yang dimainkan Kurt Cobain dalam sesi rekaman live untuk serial MTV Unplugged yang populer pada 18 November 1993, sekitar lima bulan sebelum kematian sang legenda grunge ini. Kurt Cobain memilih gitar ini untuk melukiskan apa yang disebut oleh Rolling Stone sebagai “potret dirinya sendiri yang terakhir”.

1589270516 Gitar Kurt CObain - Gitar ‘MTV Unplugged’ Kurt Cobain Akan Dilelang Sekitar Rp 15 Miliar

Penampilan akustik Nirvana malam itu menghasilkan salah satu album live terbesar sepanjang masa, MTV Unplugged In New York. Potongan-potongan dari album itu, dirilis tujuh bulan setelah kematian Kurt Cobain, telah menjadi versi yang paling terkenal dan paling menentukan dari lagu-lagu Nirvana, yakni ‘About A Girl’, ‘All Apologies’, ‘Come As You Are’ dan ‘Dumb’, serta aksi mengcover lagu David Bowie ‘The Man Who Sold the World’.

MTV Unplugged in New York memulai debutnya di No. 1 pada chart alias tangga lagu Billboard AS dan secara konsisten berada di peringkat sepuluh besar album live terbaik sepanjang masa. Aksi Kurt Cobain dalam memainkan gitar ini bersama Nirvana mendorong album itu bersertifikasi multi-platinum dan memenangkan piala Grammy untuk Best Alternative Music Album pada tahun 1996. Itu adalah gitar 302 D-18Es khusus ketujuh yang diproduksi oleh Martin dan dikustomisasi oleh Kurt Cobain yang menambahkan pickup Bartolini ke lobangan resonansi suaranya. Harga estimasi awal untuk gitar itu adalah US$ 1 juta (Rp 14,9 milar).

Selain itu, penjualan gitar ini juga akan disertai dengan hardcase asli yang dihiasi oleh Kurt Cobain sendiri dengan pamflet dari album tahun 1990 band punk rock Poison Idea, Feel The Darkness. Kompartemen penyimpanan hardcase ini juga berisi paket senar gitar Martin yang baru digunakan setengah oleh Kurt Cobain, tiga pick gitar, dan tas Suede “stash” miliknya yang dihiasi dengan miniatur sendok, garpu, dan pisau perak.

Para penggemar juga memiliki kesempatan untuk melihat artefak langka Rock and Roll itu di tampilan jendela Hard Rock Cafe Piccadilly Circus mulai 15 Mei hingga 31 Mei, kemudian di Julien Auctions Gallery di Beverly Hills, AS dari 15 Juni hingga 19 Juni sebelum akhirnya dilelang Poker Indo 88.

“Julien’s Auction dengan bangga menawarkan gitar bersejarah ini dari Kurt Cobain, yang telah menjungkirbalikkan industri musik dan budaya pop pada umumnya dengan penampilan mistiknya saat memimpin Nirvana di MTV Unplugged In New York,” ujar Darren Julien, Presiden dan CEO dari Julien’s Auction. “Gitar penting ini telah mendapatkan tempat yang tepat dalam sejarah Rock and Roll sebagai instrumen yang dimainkan oleh salah satu musisi dan ikon rock paling berpengaruh selama salah satu penampilan live terbesar dan paling berkesan sepanjang masa”.

Sebagai tambahan, gitar Fender Stratocaster hitam buatan khusus yang sudah hancur yang digunakan oleh Kurt Cobain saat tampil dengan Nirvana selama tur In Utero pada 1994, kemeja kancing lengan panjang lumpuh berwarna perak metalik yang dikenakan oleh artis tersebut dalam video musik ‘Heart-Shaped Box’ oleh Nirvana dari tahun 1993, dan kopian cover CD Bleach oleh Nirvana dari tahun 1989 yang bertandatangan “Kurdt” dan ditulisi berbagai gambar oleh Kurt Cobain, juga akan ditawarkan dalam pelelangan historikal tersebut.

Barang-barang lainnya dari penampilan MTV Unplugged In New York Nirvana juga akan dilelang, termasuk daftar set yang diketik dan digunakan oleh Kurt Cobain yang menampilkan lagu-lagu seperti ‘About A Girl’ dan ‘Where Did You Sleep Last Night’; tiga lembar lirik yang diketik untuk lagu ‘Plateau’, ‘Man Who Sold The World’ dan ‘Lake Of Fire’; selembar lirik tulisan tangan untuk lagu ‘Oh Me’; surat yang diketik dari perusahaan manajemen Nirvana, Gold Mountain, ke Kurt Cobain mengenai set lagu MTV Unplugged, dan koran Lowest Common Denominator (LCD) edisi musim dingin 1993 milik Kurt Cobain yang diterbitkan oleh penyiar radio independen WFMU, yang dibaca olehnya selama latihan MTV Unplugged dengan Nirvana.

Baca juga: Cherrybelle Tak akan Kembali ke Dunia Musik Indonesia

Julien’s Auction telah memecahkan rekor dunia dengan penjualan berbagai memorabilia Kurt Cobain, termasuk kardigan yang dikenakannya selama penampilan MTV Unplugged In New York, yang dijual dengan harga US$ 334 ribu (Rp 4,9 miliar), gitar Fender Mustang milik Kurt Cobain dari tur In Utero yang dijual seharga US$ 340 ribu (Rp 5 miliar), kardigan yang dikenakan Kurt Cobain selama sesi pemotretan terakhirnya yang dijual seharga US$ 75 ribu (Rp 1,1 miliar) dan daftar set lagu Nirvana berbentuk kertas piring yang dicatat dalam tulisan tangan oleh Kurt Cobain yang dijual dengan rekor harga US$ 22,400 (Rp 335 juta).

Registrasi akan diperlukan untuk mengajukan penawaran dalam lelang online langka ini dan dapat dilakukan secara langsung di pameran, atau secara online sebelum penjualan dimulai melalui JuliensAuctions.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *