Daftar Artis Kpop Yang Terganggu Gangguan Kecemasan, Ada IU, Mina Hingga Suga BTS

daftar artis kpop yang pernah menggalami gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan ternyata pernah dialami oleh sederet artis Kpop, namun bila dibilang hampir semua orang pastinya pernah kecemasan. Namun hal ini normal, terlebih lagi bila orang tersebut dirundung masalah.

Kendati demikian, rasa cemas yang terus muncul berlebihan atau sering bisa jadi itu adalah tanda gangguan kecemasan. Bila dikutip dari Bangka Pos merupakan gangguan kecemasan yang merupakan salah satu mental yang serius.

Baca Juga: 5 Bintang Kpop Yang Terlibat Skandal Dan Dipecat Dari Dunia Hiburan

Kondisi ini dapat disebabkan oleh adanya masalah pada fungsi otak yang mengatur rasa takut dan emosi. Ternyata, gangguan kecemasan juga diderita sejumlah artis Korea. Kerasnya masa latihan idnplay ditambah lagi komentar pedas dari publik Korea Selatan kerap menjadi salah satu penyebab bintang Kpop mengalami gangguan kecemasan.

Bukan hal baru juga saat mendengar mereka akhirnya ada yang merasa putus asa dan mengakhiri hidupnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa artis Kpop yang juga pernah merasakan gangguan kecemasan:

1. Mina Twice

Mina sempat tidak mengikuti kegiatan TWICE selama beberapa bulan sejak dirinya mengidap anxiety disorder atau gangguan kecemasan. Sekitar akhir 2019, agensi Mina, JYP Entertainment memberitahukan hal tersebut dan membuat Mina akhirnya tak ikut promosi comeback album kedelapan “Feel Special” serta tur dunia.

“Setelah memeriksa kondisi Mina, dapat dipastikan bahwa ia mengalami gangguan kecemasan,” kata agensi. “Kami saat ini sedang mendiskusikan kemungkinan partisipasi Mina dalam jadwal dengan individu maupun dengan member TWICE untuk mencapai keputusan.”

Namun kabar baiknya, di awal 2020 ini Mina sudah dikabarkan membaik kondisinya dan dijadwalkan akan ikut comeback dalam album TWICE berikutnya.

2. Suga BTS

Dalam sebuah wawancara dengan Naver, Suga sempat menceritakan tentang bagaimana mengatasi depresi dan gangguan kecemasan sebagai trainee dan sekarang sebagai orang yang meraih kesuksesan.

“Kecemasan dan kesepian tampaknya menyertai saya seumur hidup. Saya memberi banyak arti tentang bagaimana saya harus menyelesaikannya, tapi tampaknya saya harus mempelajarinya seumur hidup saya.”

“Lewat lirik, saya ingin mengatakan pada semua orang saya cemas, begitupun kalian, jadi ayo temukan cara dan mempelajari jalannya bersama,” kata Suga.

3. Day6

Penggemar dibuat terkejut dengan kabar bahwa DAY6 menunda jadwal perilisan album baru mereka yang seharusnya keluar pada 11 Mei 2020. Pihak agensi, JYP Entertainment memberi penjelasan bahwa anggota DAY6 menunjukkan gejala kecemasan.

“Beberapa anggota menunjukkan gejala kecemasan psikologis dan menerima pemeriksaan lebih lanjut. Saran dari medis bahwa mereka memerlukan istirahat dan stabilitas yang cukup,” kata agensi.

4. S.Coupos Seventeen

Kondisi S.Coups bahkan disadari ketika dia tiba-tiba tak muncul saat konser “Ode To You” di Jakarta November 2019 lalu. Agensi dari SEVENTEEN, Pledis Entertainment, memberikan pengumuman terbaru atas kondisi leader SEVENTEEN, Choi Seungcheol atau yang lebih dikenal dengan nama panggung S.Coups.

“S.Coups baru-baru ini telah menjalani pemeriksaan menyeluruh dan diagnosis atas kesehatannya, karena gejala kecemasannya. Dan setelah diskusi dengan seksama, seluruh anggota SEVENTEEN, termasuk S.Coups sendiri, telah memutuskan akan lebih baik baginya untuk istirahat dan absen sementara dari kegiatan SEVENTEEN,” tulis agensi.

5. Park Kyung Block B

Saat melakukan wawancara dengan BBC Korea, Park Kyung menceritakan tentang penderitaan mental yang dihadapi idol Kpop. Menurut dia, karena banyak idol debut di usia sangat muda, banyak dari mereka yang tidak memiliki ‘kesadaran diri’.

Banyak pula yang berakhir dengan kehilangan kebebasan mereka saat menyadari apa pun yang mereka lakukan dan katakan diperhatikan semua orang. “Kamu memulai hidup dengan kecemasan tepat setelah debut, saya bisa merasakan beban dari hidup saya semakin bertambah setiap harinya. Dan saya selalu hidup dengan mencemaskan masa depan serta rencana berikutnya,” ujarnya.

6. IU

Di balik keceriaannya, penyanyi dan juga bintang drama ini juga pernah mengalami anxiety disorder. Hal itu diakui IU saat syuting Healing Camp tahun 2014.

Dia mengatakan, hatinya merasa kosong dan cemas karena takut dia tidak cukup berbakat sebagai penyanyi. Tak hanya memiliki gangguan kecemasan, bahkan untuk mengatasi rasa cemasnya itu IU akan makan hingga dia muntah, yang akhirnya membuat IU juga menderita bulimia.

Baca Juga: Girl Grup KAACHI Resmi Debut Di London Bulan April

Itulah tadi beberapa daftar artis kpop yang ternyata penah menggalami ganguaan kecemasan. Bila melihat hal ini tentunya sangat wajar karena mereka terus ditantang memberikan yang terbaik untuk para fans.

Kita harapkan saja semoga bisa sembuh dan terhindar dari ganguan kecemasan lagi.

Sumber: Tribun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *