7 Kerajaan Tertua di Dunia Masih Bertahan Hingga Kini

7 Kerajaan Tertua di Dunia Masih Bertahan Hingga Kini

7 Kerajaan Tertua di Dunia Masih Bertahan Hingga Kini

7 Kerajaan Tertua di Dunia Masih Bertahan Hingga Kini,- Masih ada di beberapa negara yang menerapkan sistem pemerintahan monarki atau kerajaan. Perlu untuk diketahui, sistem pemerintahan kerajaan atau monarki merupakan sistem tertua di dunia.

Meski perkembangan zaman menjadi lebih modern, beberapa negara masih tetap menjalankan sistem pemerintahan kerajaan. Tak heran, kerajaan-kerajaan yang masih berdiri kokoh itu selalu sukses menyedot perhatian masyarakat dunia.

Berikut kerajaan tertua di dunia dan masih ada hingga kini.

Denmark

20200609124734 1 kerajaan tertua di dunia 001 tantiya nimas nuraini - 7 Kerajaan Tertua di Dunia Masih Bertahan Hingga Kini

Sistem pemerintahan kerajaan pertama yakni Denmark. Negara ini sudah memiliki raja dan ratu sejak 935 Masehi. Sejak itu juga Denmark menjadi negara yang menerapkan sistem pemerintahan kerajaan atau monarki. Denmark adalah negara Nordik yang berada di paling selatan dan paling kecil.

Negara ini terletak di selatan dari Norwegia dan sebelah barat daya dari Swedia. Penduduknya rata-rata menggunakan bahasa resminya yakni Bahasa Denmark. Di mana serumpun dengan Bahasa Norwegia dan Bahasa Swedia. Pemilihan nama ‘Denmark’ sendiri diambil dari asal usul hubungan antar suku Dan dengan Denmark. Namun, sejarah penggabungan sebagai satu kerajaan masih diperdebatkan hingga saat ini.

Maroko

20200609124735 1 kerajaan tertua di dunia 001 tantiya nimas nuraini - 7 Kerajaan Tertua di Dunia Masih Bertahan Hingga Kini

Maroko juga menjadi negara dengan sistem pemerintahan kerajaan tertua di dunia. Diketahui, Maroko telah menggunakan sistem monarki sejak 788 Masehi. Akan tetapi, penyebutan Raja baru berlaku sejak tahun 1957. Maroko merupakan sebuah negara dengan garis pantai sangat panjang di Samudera Atlantik.

Secara geografis, Maroko mempunyai wilayah yang sebagian besarnya berupa pegunungan terjal dan gurun. Meski begitu, Maroko menjadi salah satu negara yang memiliki beragam budaya. Hal ini karena Maroko menjadi tempat pertemuan budaya dari sejumlah negara. Tentu saja hal tersebut menjadi daya tarik utama wisatawan saat berkunjung ke negara Maroko.

Inggris Raya (Britania Raya)

20200609124736 1 kerajaan tertua di dunia 002 tantiya nimas nuraini - 7 Kerajaan Tertua di Dunia Masih Bertahan Hingga Kini

Sebagian besar masyarakat dunia tentu sudah tahu tentang kerajaan yang satu ini. Inggris Raya juga menggunakan sistem pemerintahan kerajaan atau monarki. Inggris Raya saat ini tengah dipimpin oleh Ratu Elizabeth II yang sudah menjabat sejak 65 tahun lalu. Secara geografis, Inggris mencakup dua per tiga dari Pulau Britania Raya di bagian tengah dan selatan.

Ditambah dengan pulau-pulau lepas pantai berupa Isles of Scilly dan Isle of Wight. Negara yang kerap dikunjungi wisatawan ini juga berbatasan dengan dua negara lainnya di Britania Raya yakni Wales di sebelah barat dan Skotlandia di sebelah utara. Negara yang banyak diburu pelajar dan mahasiswa ini berada paling dekat ke Benua Eropa jika dibanding dengan negara lainnya di Kepulauan Britania.

Jepang

20200609124737 1 kerajaan tertua di dunia 003 tantiya nimas nuraini - 7 Kerajaan Tertua di Dunia Masih Bertahan Hingga Kini

Sistem pemerintahan kerajaan atau monarki di Jepang sudah didirikan sejak 660 Masehi. Berbeda dari lainnya, pemimpin kerajaan di Jepang tidak disebut dengan ‘Raja’ melainkan dengan sebutan Kaisar. Sejak tahun 1989-2019, Kaisar Akihito yang memimpin Negara Matahari Terbit ini. Sekarang, tahta kerajaan telah jatuh dan turun kepada anak sulungnya.

Istilah Kepulauan Jepang sebenarnya merujuk pada empat pulau besar yang dimilikinya yakni Hokkaido, Honshu, Shikoku serta Kyushu. Dan beberapa kepulauan Ryukyu yang berada di sebelah selatan Kyushu. Jepang sendiri terdiri dari 6.852 pulau yang menjadikannya sebagai negara kepulauan. Tak hanya itu, Jepang memiliki lebih dari 3.000 pulau yang terletak di pesisir Lautan Pasifik di timur Benua Asia IDN Poker Online Indonesia.

Kamboja

20200609124738 1 kerajaan tertua di dunia 004 tantiya nimas nuraini - 7 Kerajaan Tertua di Dunia Masih Bertahan Hingga Kini

Kamboja juga menggunakan sistem pemerintahan kerajaan sejak 68 Masehi. Akan tetapi, ada yang berbeda dengan sistem pemerintahan kerajaan di Kamboja. Di negara ini, pergantian kekuasaan tidak dilakukan secara turun menurun, melainkan dengan sistem pemilihan. Bagi yang belum tahu, Kamboja merupakan penerus Kekaisaran Khmer yang pernah menguasai Semenanjung Inochina di abad ke-11 hingga ke-14. Kamboja memiliki luas wilayah sekitar 181.035 km2.

Kamboja sendiri berbatasan dengan Laos di sebelah utara, Teluk Thailand di selatan, Thailand di sebelah barat dan Vietnam di sebelah timur. Tak hanya itu, Sungai Mekong dan Danau Tonle Sap juga melintasi negara Kamboja. Kemudian, perkembangan peradaban negara ini terjadi di abad 1 Masehi. Sementara itu, pada abad ke-3,4, dan 5, negara Chenla dan Funan bersatu untuk membangun wilayah Kamboja.

Swedia

20200609124738 1 kerajaan tertua di dunia 005 tantiya nimas nuraini - 7 Kerajaan Tertua di Dunia Masih Bertahan Hingga Kini

Selanjutnya, negara Swedia juga menggunakan sistem pemerintahan kerajaan. Di negara Swedia, sistem monarki telah didirikan sejak 970 Masehi. Akan tetapi, penyebutan Raja Swedia sudah ada sejak 100 Masehi. Swedia terletak di belahan bumi utara di utara dan terdapat sera di dalam Lingkaran Artik yang beriklim sedang.

Sementara itu, di sebelah timur Swedia dibatasi oleh Teluk Bothnia dan Laut Baltik. Batasnya di barat dengan Norwegia yakni Pegunungan Skandinavia. Swedia sebenarnya tidak memiliki bahasa resmi. Namun, secara de facto bahasa resmi Swedia yakni Bahasa Svenska atau Swedia dan ditambah lima bahasa minoritas lainnya.

Norwegia

20200609124739 1 kerajaan tertua di dunia 006 tantiya nimas nuraini - 7 Kerajaan Tertua di Dunia Masih Bertahan Hingga Kini

Norway merupakan nama resmi Kerajaan Beraja Norway. Negara ini memulai sistem monarki sejak 885 Masehi. Seperti lainnya, sistem kerajaan di Norwegia berlangsung dengan sistem turunan. Pada umumnya, bentang alam di Norwegia kasar dan bergunung-gunung. Bahkan, sebagian besar tertutup oleh gletser.

Norwegia juga memiliki tepi pantai sepanjang lebih dari 83.000 km yang dibatasi oleh fyord. Di Norwegia sendiri memiliki iklim temperat khususnya di daerah pesisir. Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh Gulf Stream. Bahasa resmi yang digunakan oleh masyarakat Norwegia yakni Riksmal atau Bokmal. Bokmal sendiri ditulis dari bahasa dan perangkat bahasa buku. Sementara, Nynorsk merupakan bahasa yang sering diucapkan dan sudah menjadi bahasa Norwedia Baru.

 

Sumber: liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *