Bahasa Indonesia yang Berkaitan dengan Pertunjukan Seni

40 - Bahasa Indonesia yang Berkaitan dengan Pertunjukan Seni

Bahasa Indonesia yang Berkaitan dengan Pertunjukan Seni

Bahasa Indonesia yang Berkaitan dengan Pertunjukan Seni – Seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat  dari segi kehalusannya, keindahannya, fungsinya, bentuknya, makna dari bentuknya, dan sebagainya), seperti  tari, lukisan, ukiran. Seni meliputi banyak kegiatan manusia dalam menciptakan karya visual, audio, atau pertunjukan  yang mengungkapkan imajinasi, gagasan, atau keperigelan.

Teknik pembuatnya, untuk dihargai keindahannya atau kekuatan emosinya. Kegiatan-kegiatan tersebut pada umumnya berupa penciptaan karya seni, kritik seni, kajian sejarah seni dan estetika seni.

Terdapat beberapa kosakata dalam Bahasa Indonesia yang digunakan untuk aplikasi idn poker mengungkapkan berbagai hal dalam pertunjukan seni. Kosakata ini sudah resmi tercantum dalam KBBI sehingga jadi acuan kata yang baik dan benar.

1. Adegan

Berdasarkan KBBI, adegan merupakan pemunculan tokoh baru atau pergantian susunan (layar) pada pertunjukan wayang. Selain itu, kata ini juga bisa diartikan sebagai bagian babak dalam lakon (sandiwara film).

2. Alegori

Alegori adalah cerita yang dipakai sebagai lambang (ibarat atau kias) peri kehidupan manusia yang sebenarnya untuk mendidik (terutama moral) atau menerangkan sesuatu (gagasan, cita-cita, atau nilai kehidupan, seperti kebijakan, kesetiaan, dan kejujuran).

3. Alur

Kata ini memiliki beragam makna jika diartikan. Misalnya, lekuk memanjang (di tanah, kayu, sungai, dan sebagainya) dan jalan (aturan, adat) yang benar.

Sedang, jika dihubungkan dalam kesusastraan, kata ini memiliki arti rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan saksama dan menggerakkan jalan cerita melalui kerumitan ke arah klimaks dan penyelesaian.

4. Anekdot

Anekdot merupakan cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Dengan kata lain, kata ini berhubungan dengan pertunjukan seni.

5. Drama

Dalam KBBI, drama diartikan sebagai komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku (peran) atau dialog yang dipentaskan.

Namun, secara sederhana, drama juga bisa disebut dengan cerita atau kisah, terutama yang melibatkan konflik atau emosi, yang khusus disusun untuk pertunjukan teater.

6. Fragmen

Selanjutnya ada kata fragmen. Kosakata Bahasa Indonesia ini memiliki arti cuplikan atau petikan (sebuah cerita, lakon, dan sebagainya)